Selasa, 29 Desember 2009

menhut lakukan penananman pohon di TNBB

Menhut Lakukan Penanaman pohon di T
NBB

Antara - Rabu, 30 Desember

* Kirim
* Kirim via YM
* Cetak

[Menhut Lakukan Penanaman Pohon di TNBB] Menhut Lakukan Penanaman Pohon di TNBB

Denpasar (ANTARA) - Menteri Kehutanan Zukifli Hasan dalam kunjungan kerjanya selama dua hari di Bali akan melakukan penanaman berbagai jenis pohon di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

"Penanaman itu dilakukan bersama Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia," kata Kepala Dinas Kehutanan provinsi Bali Anak Agung Ngurah Buana di Denpasar Rabu.

Ia mengatakan, Menhut dan rombongan melakukan kunjungan kerja di Bali, 30-31 Desember 2009 yang diawali dengan pelepasan tukik (anak penyu) di Pantai Kuta.

Seusai melakukan penanaman berbagai jenis pepohonan, Menhut Zukifli Hasan melantik kepengurusan Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia.

"Belum diketahui secara pasti berapa ribu pohon yang akan ditanam Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia di Taman Nasional Bali Barat," ujar AAN Buana.

Ia menjelaskan, Bali secara keseluruhan dalam tahun 2009 menyiapkan dan sebagian sedang dalam penanaman sebanyak 2,7 juta pohon, sebagai upaya mendukung program pemerintah "one Man Three" yakni setiap orang menanam sebuah pohon.

Bali berpenduduk 3,4 juta jiwa dalam gerakan penanaman pohon itu tidak memperhitungkan yang masih bayi, sehingga program tersebut optimis dapat terlaksana dengan baik di Pulau Dewata.

Gerakan penanaman itu diawali oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia tingkat provinsi Bali yang dipusatkan di Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung awal Desember lalu.

Kegiatan tersebut disusul secara serentak oleh masyarakat di delapan kabupaten dan satu kota di Bali sesuai dengan persediaan bibit.

"Penanaman jutaan pohon itu kalau dikonversikan setiap hektarnya 400 pohon menjangkau lahan seluas 6.750 hektar," tutur AAN Buana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar